Tuesday, August 07, 2007

Antara temen dan kerja

Ceritanya berawal dari rasa ingin membantu temen cari kerja dan kebetulan pas aku keuitzendbureau alias biro tenaga kerja dan dia cerita kalo tempat aku kerja lagi nyari orang baru juga dan si kontak person aku bilang ada kenalan ndak? aku bilang aku ada temen yang lagi cari kerja, langsung dia bilang hari senin suruh kekantor, ya udah dengan senang hati aku telpon temen aku dan bilang langsung senin kekantornya dan daftar, selasa langsung kerja. Aku email kontak person aku dan bilang kalo temen aku datang hari senin sekitar jamnya juga aku kasih dan ternyata pas temen aku nyampe sana dia bilang ketemen aku kalo dia dah nunggu so good way to go. Ya begitulah cerita awalnya dan ternyata bekerja ama temen sendiri ditempat yang sama dan departement yang sama itu susah tapi udahlah aku cuman mau bantu temen.
Ditempat kerja ndak ada yang tau kita temenan (menurut pikiranku ndak ada yang tau) aku cuman bilang aku kenal karena kita dulu sekolah bahasa ditempat yang sama, dan kita juga sepakat berjaga jarak alias bersikap profesional gitu dan berusaha semaksimal mungkin berbahas belanda.
hari demi hari dan minggu demi minggu, aku lupa minggu keberapa tiba-tiba dia minta berhenti kerja karena capek, aku bilang kalo ndak kuat jangan dipaksa dan aku juga ndak banyak ngomong setelah omong2 ama bos akhirnya dia mutusin buat berhenti kerja.

setelah itu aku tidak terlpon dia, 2 hari kemudian baru aku telpon dan tidak diangkat, dan aku telp lagi dilain hari juga tidak diangkat dan aku mutusin buat ngirim email dan aku nanya marah ya ama aku dan kalo marah alasannya apa? dan aku juga nanya alasannya apa koq minta berhenti kerja?

besoknya dia balas emailku dengan jawaban yang sangat mengejutkan dan tidak kusangka sebelumnya, alasannya dia berhenti karena aku! Hah?

Dia berpendapat kalo bos ngasih kekuasaan buat ngajarin dia berbagai macam hal dan dia juga berpendapat kalo aku memiliki sifat bossy dan bersikap berwibawa kepada dia dan mencari muka juga. selain itu dia juga cerita kalo aku selama 3 hari nyuruh dia kerja yang hanya berdiri dan terakhir dia bilang kalo aku nih tega2nya nyuruh dia masukin motherboard kedalam dus.

Oooooo aku amaaat sangaaat terkejut dan kecewaaaa sekali.

Sedari awal aku cuman punya satu niat: membatu, tidak lebih. Dan aku tau dari awal si bos tidak pernah memberi aku kekuasaan untuk mengajarin berbagai macam hal, kalo bos bilang ngajarin ttg A ya aku cuman ngajarin A, aku tidak punya hak buat membagi tugas kalo tidak ada utusan dari atasan. Mencari muka didepan bos? buat apa? bos dan kolega tau kemampuan aku bekerja sampai dimana dan buat apa sekarang baru cari muka? napa ndak dari dulu pas ada uitzendkracht yang lain? saat itu memang kerjaan rada sepi dan aku juga tidak tau banyak dia harus ngapain, setiap kali liat dia udah mau selesai ama satu kerjaan, pasti mikirin dia ngapain lagi ya, apa yang dia lakukin itu karena memang mau bantuin dia buat killing time. berwibawa dan mencari muka is not my style tapi itu hak dia untuk menilai.

Jauh didalam hati aku sangat kecewa, karena ingin membantu dan pertemanan jadi kacau balau.

Satu hal yang bisa kupetik dan kuambil hikmahnya, tidak lagi memberi lowongan kerja buat temen khususnya kerja ditempat yang sama, no way. Mending memberi informasi lowongan kerja untuk kerja dilain tempat.

Aku merasa sayang juga gara-gara salah pengertian gini akhirnya pertemanan jadi korban.

Aku juga tidak tau apa masih berteman atau tidak karena aku tidak pernah lagi mendapat email atas jawabanku buat emailnya dia. So let it flow aja dan liat aja ntar gimana kedepannya.
Aku juga udah tidak tau harus bersikap bagaimana, any suggestion? you are welcome:)


1 comment:

SinceYen said...

Cek and recheck. Kalo emang merasa kamu 'gak bersalah dan semua itu salah paham doank, ya dijelaskan saja, soal doi mo nrima ato 'gak mah urusan dia. Kalo emang 'gak bisa temenan lagi ya udah artinya kalian emang 'gak ada jodoh jadi temen :)

Btw, foto2mu makin oke deh Len :)